Ideologi dan Spirit Sistem Pendidikan Tinggi Islam Indonesia Era Industri 4.0 dan Relevansinya dengan Pencegahan Radikalisme

Authors

  • Mustopa Mustopa Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Wal Aqidah Ash-Shofa Manonjaya
  • Hisam Ahyani Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Huda Al Azhar
  • Ahmad Hapidin Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Wal Aqidah Ash-Shofa Manonjaya

DOI:

https://doi.org/10.51672/alfikru.v15i1.40

Keywords:

Ideology, Spirit, Higher Education System, Industrial Era 4.0

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep ideologi dan spirit model sistem pendidikan tinggi Islam di Indonesia pada Era Industri 4.0. Metode penelitian yang digunakan ialah library research dengan sumber data utama Undang-undang No. 12 tahun 2012 tentang Pendidika Tinggi, dan sumber data pendukung literatur yang bersumber dari jurnal, dan buku-buku yang berkaitan dengan sistem pendidikan tinggi Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  : 1) konsep Ideologi dan Spirit Model Sistem Pendidikan Tinggi Islam Indonesia Era Industri 4.0 telah sesuai dengan amanah Undang-undang 1945 yakni mewujudkan tujuan pendidikan nasional, dimana perguruan tinggi Islam swata bertugas mengembangkan kemampuan serta mampu membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka memenuhi apa yang termaktub dalam undang-undang yakni mencerdaskan kehidupan bangsa. 2) setiap perguruan tinggi Islam harus mampu menciptakan sumber daya yang unggul, handal, kreatif dan inovatif serta religius dalam rangka mengembangkan pendidikan Islam sebagai peradaban yang unggul. 3) Bentuk upaya yang dilakukan guna memberantas radikalisme yang bertebaran di lingkungan perguruan tinggi Islam swasta di era industri 4.0 dapat dilakukan melalui penguatan kembali konsep Ideologi dan Spirit Model Sistem Pendidikan Tinggi Islam di Indonesia.

References

Ahyani, H., & Hidayah, N. (2021). Membangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Budaya Sekolah di Raudhatul Athfal al-Azhar Citangkolo Kota banjar. Japra (jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal), 4(1), 23–42. Https://doi.org/10.15575/japra.v4i1.10652

Ahyani, H., & Nurhasanah, E. (2020). Peran Strategi Politik Islam terhadap Perekonomian di indonesia. Mutawasith: Jurnal Hukum Islam, 3(1), 18–43. Https://doi.org/10.47971/mjhi.v3i1.185

Ahyani, H., Permana, D., & Abduloh, A. Y. (2020). Pendidikan Islam dalam Lingkup Dimensi Sosio Kultural di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: journal of Islamic education, 1(2), 273–288.

Ahyani, H., & Slamet, M. (2021). Respon Dunia Barat Terhadap Ekonomi Syariah di Era Revolusi Industri 4.0. Jped (Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam),7(1), https://doi.org/10.24815/jped.v7i1.19277

Basri, B., & Dwiningrum, N. R. (2019). Potensi Radikalisme di Perguruan Tinggi (Studi Kasus di Politeknik Negeri Balikpapan). Jshp : Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 3(1), 84–91. Https://doi.org/10.32487/jshp.v3i1.546

Elkarimah, M. F. (2017). Konsep Pendidikan Islam Menuju Masyarakat Madani. Tarbawy : indonesian journal of Islamic education, 4(1), 17–31. Https://doi.org/10.17509/t.v4i1.6989

Fahrurrozi, F. (2017). Kontribusi perguruan tinggi Islam swasta terhadap pengembangan pendidikan Islam. Fondatia, 1(2), 166–187. Https://doi.org/10.36088/fondatia.v1i2.108

Fanindy, M. N., & Mupida, S. (2021). Pergeseran Literasi pada Generasi Milenial Akibat Penyebaran Radikalisme di Media Sosial. Millah: jurnal Studi Agama, 20(2), 195–222. Https://doi.org/10.20885/millah.vol20.iss2.art1

Fathani, A. T., & Purnomo, E. P. (2020). Implementasi Nilai Pancasila dalam Menekan Radikalisme Agama. Mimbar keadilan, 13(2), 240–251. Https://doi.org/10.30996/mk.v13i2.3934

Fuad, A. J. (2020). Pengembangan Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum Swasta Berbasis Agama. Conference on Islamic studies fai 2019, 0(0), 194–205. Https://doi.org/10.30659/cois.v0i0.8064

Habibi, I. (2018). Implementasi humanisme Religius dalam Pembelajaran Pendidikan Islam di Pondok Pesantren MBS Al Amin Bojonegoro. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, Series 2, 595–607.

Huda, U. (2019). Strategi Penanggulangan Radikalisme di Perguruan Tinggi Kabupaten Banyumas. Prosiding, 8(1), http://jurnal.lppm.unsoed.ac.id/ojs/index.php/prosiding/article/view/675

Ilma, M., & Alfian, R. N. (2020). Konsepsi Masyarakat Madani dalam Bingkai Pendidikan Islam. Ma’alim: Jurnal pendidikan Islam, 1(01), article 01. Https://doi.org/10.21154/maalim.v1i01.2186

Lisma, L. (2018). Radikalisme dan Hukum di Indonesia. IAIN Surakarta. https://iain-surakarta.ac.id/radikalisme-dan-hukum-di-indonesia/

Mahfud, M. (2017). Konsep Ideal Pendidikan Islam Sebagai Relasi Primordial Manusia Dengan Tuhan. Fikrotuna, 6(2), article 2. Https://doi.org/10.32806/jf.v6i2.3111

Milfayetty, S. (2007). Ideologi Pendidikan. Jurnal tabularasa, 4(1), 1–14.

Nashuddin, n. (2020). Aktualisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam merevitalisasi pemahaman moderasi pada lembaga pendidikan di indonesia. Schemata: jurnal pasca sarjana iain mataram, 9(1), 33–52. Https://doi.org/10.20414/schemata.v9i1.2159

Nurlaila, N. (2011). Model-Model Pengembangan Pendidikan Agama Islam di Sekolah/Perguruan Tinggi. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 16(02), 247–272. Https://doi.org/10.19109/td.v16i02.63

Ramdhan, D. F., & Siregar, H. S. (2019). Manajemen Mutu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS). Jurnal perspektif, 3(1), 75–109. Https://doi.org/10.15575/jp.v3i1.40

Rini, I. (2019). Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membangun Jati Diri Bangsa Indonesia Guna Menanggulangi Radikalisme. Journal de facto, 6(1), article 1. Https://doi.org/10.36277/jurnaldefacto.v6i1.15

Rohman, M., & Mukhibat, M. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Sosio-Kultural Berbasis Etno-Religi di MAN Yogyakarta. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 12(1), 31–56. Https://doi.org/10.21043/edukasia.v12i1.1771

Safriadi, S. (2018). Pengembangan Perguruan Tinggi Islam Negeri Menghadapi masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Intelektualita, 4(1), article 1. Https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/3942

Saifuddin, S. (2011). Radikalisme Islam di Kalangan Mahasiswa (sebuah Metamorfosa Baru). Analisis: jurnal studi keIslaman, 11(1), 17–32. Https://doi.org/10.24042/ajsk.v11i1.605

Salahuddin, M. (2014). Model Pengembangan Pendidikan Tinggi Islam di Indonesia. Ulumuna, 18(1), 121–138. Https://doi.org/10.20414/ujis.v18i1.155

Samsudin, U. (2020). Pendidikan Demokrasi dalam Kurikulum Bermuatan Ideologi pada Institusi Pendidikan Islam. Eduprof : Islamic Education Journal, 2(2), 261 - 277. https://doi.org/10.47453/eduprof.v2i2.37

Sanaky, H. A. (2014). Mengembangkan Model Ideal Pendidikan Islami. El tarbawi, 8(1), 1–11. Https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol7.iss1.art1

Sari, M., & Asmendri, a. (2020). Penelitian Kepustakaan (library research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science: jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53. Https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555

Suharto. T. (2014). Gagasan Pendidikan Muhammadiyah dan NU sebagai Potret Pendidikan Islam Moderat di Indonesia. Islamica: Jurnal Studi Keislaman, 9(1), 81-109. https://doi.org/10.15642/islamica.2014.9.1.81-109

Tim Penyusun Kementerian Agama RI. (2019). Moderasi Beragama. Jakarta : Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

Downloads

Published

2021-07-06

How to Cite

Mustopa, M., Ahyani, H. ., & Hapidin, A. (2021). Ideologi dan Spirit Sistem Pendidikan Tinggi Islam Indonesia Era Industri 4.0 dan Relevansinya dengan Pencegahan Radikalisme. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 15(1), 40–52. https://doi.org/10.51672/alfikru.v15i1.40