Holistic Education in the Perspective of Imam Al-Ghazali’s Thought: The Integration of Intellect, Spirit, and Ethics
DOI:
https://doi.org/10.51672/alfikru.v19i2.745Keywords:
Holistic Education, Spiritual Values, Moral DevelopmentAbstract
Penelitian ini bertujuan mengkaji konsep pendidikan holistik dalam pemikiran Imam Al-Ghazali dengan menekankan integrasi akal, ruh, dan etika sebagai pilar utama dalam pembentukan manusia paripurna (insan kamil). Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan melalui analisis kritis terhadap karya-karya Al-Ghazali, khususnya Ihya’ Ulum al-Din. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akal dipandang sebagai instrumen untuk memperoleh pengetahuan dan membedakan kebenaran dari kesalahan, namun ia tidak cukup bila tidak diarahkan oleh nilai-nilai ruhani. Dimensi ruh berfungsi sebagai penghubung manusia dengan Tuhan, sehingga ilmu tidak hanya bersifat kognitif tetapi memiliki makna transendental. Sementara itu, etika merupakan tujuan akhir pendidikan, yaitu terwujudnya ilmu dalam perilaku dan akhlak mulia. Ketiga aspek tersebut saling berkelindan membentuk proses pendidikan yang utuh dan seimbang. Penelitian ini menegaskan bahwa gagasan Al-Ghazali relevan dengan tantangan pendidikan modern, terutama dalam menyeimbangkan kecerdasan intelektual, kedalaman spiritual, dan kematangan moral. Dengan demikian, pendidikan tidak hanya menghasilkan individu berprestasi akademik, tetapi juga pribadi yang beriman, berakhlak, dan bermanfaat bagi dirinya, masyarakat, serta Tuhannya.
References
Adnan, I. M. (2025). A Study of the Thought of Imam Al-Ghazali and Muhammad Abduh on Islamic Education. Al-Jadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 45–58. https://ejournal.uiidalwa.ac.id/index.php/al-jadwa/article/view/3360
Aisida, S. (2025). Al-Ghazali Holistic Education Concept: an Analysis of Imam Al-Ghazali’s Thoughts on Islamic Education. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 33–42. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v2i1.814
Al-Ghazali, A. H. (2011). Ihya’ Ulum al-Din. Dar al-Hadith.
Asari, H. (2012). Nukilan Pemikiran Klasik; Gagasan Pendidikan Abu Hamid Al-Ghazali. IAIN Press.
Bassar, A. S., & Hasanah, A. (2020). Riyadhah: The Model of the Character Education Based on Sufistic Counseling. Journal of Advanced Guidance and Counseling, 1(1), 23. https://doi.org/10.21580/jagc.2020.1.1.5763
Busroli, A. (2019). Pendidikan akhlak Ibnu Miskawaih dan Imam al-Ghazali dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter di Indonesia. At-Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 71–94.
Chusyairi, K. (2024). Building Holistic Education: Lessons from Al-Ghazali for the Modern Era. Journal of Modern Islamic Studies and Civilization, 2(3), 246–255. https://doi.org/10.59653/jmisc.v2i03.1058
Fadhil, M. Y., & Sebgag, S. (2021). Sufi Approaches to Education: The Epistemology of Imam Al-Ghazali. Nazhruna Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 91–107. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i1.834
Fatimah, T., Faqihuddin, D., & Ardiansyah, F. (2022). Kajian Teoritis Pendekatan Humanistik (Al-Madkhal al-Insan) Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. In Albariq: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab (Vol. 3, Issue 2, pp. 1–19). IAIN Palu. https://doi.org/10.24239/albariq.v3i2.35
Ika, Khoirun Nisa, Ivan Ilham Riyandi, & Fani Laffanillah. (2024). Pendidikan Holistik dalam Merangkul Spiritualitas dan Pengetahuan Empiris. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 3(3), 362–369. https://doi.org/10.55606/concept.v3i3.1457
Lilis Maryati, & Mardhiyah Agung Wahyuningsih. (2020). Pandangan Al-Ghazali terhadap Pendidikan Aqliyah dalam Kitab Ihya’ Ulumuddin. Academia: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(2), 110–141. https://doi.org/10.54622/academia.v2i2.45
Manshuruddin, M., Tumiran, T., Yunan, M., & Hamdan, H. (2021). Character Education Strategy Through Systemic-Integrative Model in Modern Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan. International Journal of Social Science Research and Review, 4(4), 140–154. https://doi.org/10.47814/ijssrr.v4i4.116
Maragustam. (2016). Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter Menghadapi Arus Global (pp. 260–262). Kurnia Kalam Semesta.
Maslani, M., Fitriya, E., Rosulina, D., Munawaroh, A., & Koswara, U. (2025). Akal dalam Perspektif Hadits Tarbawi Sebagai Landasan Pendidikan Islam. Cendekia Jurnal Ilmu Pengetahuan, 5(3), 1223–1247. https://doi.org/10.51878/cendekia.v5i3.6430
Mumtaza Zamhariroh, N., Rahmania Azis, A., Ratu Nata, B., Fahmi, M., & Salik, M. (2024). Relevansi Pemikiran Pendidikan Al-Ghazali Dengan Pendidikan Islam Kontemporer Tentang Keseimbangan Intelektual dan Spiritual. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 12(2), 169–181. https://doi.org/10.52185/kariman.v12i2.569
Musfioh, I. A. (2014). Pemikiran Pendidikan Islam Perspektif al-Ghazali. Syamil Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 2(1), 14. https://doi.org/10.21093/sy.v2i1.493
Noviani, D., Destyaningsi, R., Yunika, D., & Rosalia, M. (2025). Menggali Nilai-Nilai Hakiki dalam Pendidikan Islam. Cendekia Jurnal Ilmu Pengetahuan, 5(3), 1186–1197. https://doi.org/10.51878/cendekia.v5i3.6429
Pohan, R. H., Kadar, K., Alwizar, A., Yusmaneli, Y., Nofrita, H., & Hakim, S. W. (2023). Perbandingan Pemikiran Imam Al Mawardi dan Imam Al Ghazali Tentang Adab Pendidik. AL-USWAH Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Agama Islam, 6(2). https://doi.org/10.24014/au.v6i2.24973
Putra, K. S. (2024). Konsep Pendidikan Spiritual Imam Al-Ghazali dan Relevansinya dalam Pendidikan Modern. Jurnal Ilmiah Guru Manajemen, 1(1), 1–12. https://jigm.lakaspia.org/jigm/article/view/44
Putri, W. (2025). Pemikiran Al-Ghazali tentang Pendidikan dan Relevansinya dengan Dunia Pendidikan Modern. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(1), 8814–8825. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/25979
Rahmadi, M. A. (2022). Theory of Mind on Ghazali and Ibn Qayyim Al Jauzi Perspective: Analysis Model on Islamic Psychology. Psychosophia Journal of Psychology Religion and Humanity, 4(2), 80–93. https://doi.org/10.32923/psc.v4i2.2500
Rahman, M. H. (2019). Metode Mendidik Akhlak Anak dalam Perspektif Imam Al-Ghazali. Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak, 1(2), 30. https://doi.org/10.24235/equalita.v1i2.5459
Raniadi, D. (2023). Aktualisasi Tujuan Pendidikan Islam dari Perspektif Imam Al-Ghazali. Nizham: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 127–138. https://e-journal.metrouniv.ac.id/nizham/article/view/6547
Saffana, N. K., & Rifa’i Subhi, M. (2023). Degradasi Moral Ditinjau dari Perspektif Pendidikan Agama Islam. Muaddib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 65–73.
Shalahudin, R. A. H., & Fauzi, R. Z. (2024). Korelasi Akal dan Jiwa dalam Prespektif Al Ghazali. Qolamuna, 1(1), 35–42.
Syafanah, D. N., Jannah, R., Safithri, N., Hidayat, W., & Indriana, D. (2024). Pemikiran Pendidikan Imam Al-Ghazali Dalam Perspektif Islam. JICN: Jurnal Intelek dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), 2697–2703.
Syaifulloh, A. (2024). A Prospective Analysis of George R. Knight and Imam Al-Ghazali’s Educational Concepts. Pedagogy: Jurnal Pendidikan, 8(2), 123–134. https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/298
Usman, A. M. (2017). Holistika Pemikiran Tentang Pembinaan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam Bagi Siswa Open SchooL. Humanika, 17(2), 133–146. https://doi.org/10.21831/hum.v17i1.18567
Yunan, M., Ependi, R., & Amin, N. (2023). Model Pendidikan Tazkiyatun Nafs dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik di Madrasah Aliyah Swasta Tarbiyah Islamiyah Kab. Deli Serdang. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 560–569. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24720







